Kamis, April 25, 2019

25 Negara Terkuat di Dunia Tahun 2019

Business Insider 2 Maret 2019 mempublikasikan US News and World Report Ranking yang melihat pengaruh keuangan dan politik, aliansi, kekuatan militer dan bagaimana negara tersebut berlaku sebagai pemimpin dunia. Berkolaborasi dengan Universitas Pensylvania yang mensurvey 20.000 orang tentang pendapatnya mengenai 80 negara, dirilis negara-negara terkuat di dunia.

Daftar 25 Negara Terkuat di Dunia

  1. Amerika Serikat,merupakan kekuatan ekonomi dan militer dominan dunia juga memiliki dampak budaya yang besar di dunia dengan budaya populernya : buku, film, musik dan acara TV. 
  2. Rusia,negara terbesar di dunia berdasarkan daratan dan berbagi perbatasan dengan lebih dari selusin negara, mewarisi pengaruh abadi Uni Soviet, dengan cadangan minyak dan batu bara serta kekuatan militer.
  3. Cina,negara dengan populasi terbesar di dunia dan ekonomi terbesar kedua di dunia. Perkembangan ekonomi pesat, tetapi jutaan orang masih hidup dalam garis kemiskinan.
  4. Jerman,negara dengan populasi terbesar di Uni Eropa dengan tenaga kerja yang sangat terampil, tetapi kanselirnya menghadapi tantangan terhadap kekuasaannya.
  5. Inggris,mewarisi pengaruh masa lalu kolonial dan London sebagai negara yang paling banyak dikunjungi, Inggris berpengaruh secara politik, ekonomi, ilmiah dan budaya yang cukup besar, tetapi dikhawatirkan peran globalnya setelah meninggalkan Uni Eropa.
  6. Perancis,negara tertua di dunia yang pengaruhnya meluas ke seluruh dunia di bidang sains, politik, ekonomi dan budaya. Ekonominya salah satu yang terbesar di dunia tetapi menghadapi tantangan domestik terhadap sikapnya dengan Islam dan berurusan dengan terorisme.
  7. Jepang,negara ekonomi terbesar ketiga di dunia, paling melek huruf dan maju secara teknis. 
  8. Israel,memiliki ekonomi yang sangat kuat dan memainkan peran besar dalam urusan global untuk ukuran negara yang relatif kecil, tetapi menghadapi konflik berkelanjutan dengan Palestina.
  9. Arab Saudi,negara besar dan kaya dijuluki Raksasa dari Timur Tengah, tempat Mekkah yang dikunjungi jutaan muslim setiap tahun, memiliki cadangan minyak yang sangat besar tetapi menghadapi pengawasan internasional atas batasan kebebasan berekspresi. 
  10. Korea Selatan,negara eksportir ketujuh dunia, ekonomi terbesar ke-11 dunia. Pengekspor mobil dan teknologi terkemuka.
  11. Uni Emirat Arab,negara ekonomi paling kompetitif di dunia Arab dengan PDB setara negara Eropa Barat berkat cadangan minyaknya. Negara paling liberal di kawasannya, terhindar dari kerusuhan semasa Musim Semi Arab 2011.
  12. Kanada,negara terbesar kedua di dunia dengan cadangan minyak terbesar kelima di dunia.
  13. Iran,negara dengan lokasi strategis di Timur Tengah dan berlimpah cadangan minyak dan sumber daya alam.
  14. Swiss,negara terkaya di dunia dan PDB tertinggi di dunia. Organisasi internasional terbesar berkantor di sana, seperti PBB di Jenewa. 
  15. Australia,negara kaya dengan kualitas hidup yang tinggi, anggota organisasi internasional terkemuka. 
  16. Turki,jembatan Eropa dan Timur Tengah, yang diharapkan anggota OECD dengan anggota yang tumbuh paling cepat beberapa tahun ke depan, tetapi menghadapi tantangan internal sepert kudeta militer gagal 2016 dan pertempuran global.
  17. India,negara demokrasi terbesar di dunia, memainkan peran penting industri teknologi global, dan memiliki pengaruh budaya yang sangat besar, di antaranya Bollywood.
  18. Italia,salah satu yang terbesar di zona Euro, meski jatuh dalam resesi akhir 2018, memiliki pengaruh budaya yang besar mulai dari artis hingga rumah mode. 
  19. Iraq,anggota organisasi internasional dan regional di antaranya IMF, Liga Arab dan OKI.
  20. Singapura,negara terkaya di dunia dengan lapangan kerja tinggi, salah satu dari 4 harimau Asia, tetapi mengkhawatirkan terhadap tingginya biaya hidup.
  21. Swedia,salah satu negara terbesar dalam UE, pemimpin yang dihormati dalam HAM. Perawatan kesehatan dan pendidikan tinggi gratis, orang-orangnya memiliki harapan hidup terpanjang di dunia. 
  22. Pakistan,salah satu negara terpadat di dunia dengan populasi termuda di dunia. Perkembangannya terhambat konflik dengan kelompok ekstrimis dan ketegangan dengan India akibat Kasmir.
  23. Spanyol,pulih dari krisis keuangan melalui pasar ekspor yang tungguh dan restrukturisasi dana Uni Eropa. Memiliki pengaruh budaya melalui seni dan tari, tetapi mengalami tantangan separatis Basque dan Catalonia.
  24. Qatar, kaya migas. menjadikannya salah satu negara terkaya di dunia. Pendidikan dan kesehatan gratis. Pada tahun 2018, Qatar menempati urutan 20.
  25. Belgia, tidak terdaftar pada tahun 2018, tetapi menempati urutan ke-25 pada tahun 2019, negara kecil yang terbangun baik, rumah dari NATO dan Dewan Eropa.

Tidak ada komentar: