Sari Roti Singgung Umat Islam

Perusahaan penguasa 90 persen pangsa pasar mass production berdasarkan laporan CNN Indonesia April 2016, PT. Nippon Indosari Corpindo Tbk bermasalah dengan umat Islam Indonesia. Pasalnya, Manajemennya Salah Cakap.

Kekaguman netizen atas aksi dukungan warga dalam Aksi 212 yang berdiri di tepi jalan berupa doa, makanan dan obat-obatan membawa-bawa Sari Roti. Viral di Media, Pedagang dengan kaos, topi dan gerobak “Sari Roti”. Di antaranya yang menuli “Gratis untuk Mujahid”.

Namun, Sari Roti menjadi tidak nyaman rupanya. Sehari setelah Aksi (Demo 212), Manajemen mengeluarkan pernyataan :

PENGUMUMAN
Jakarta - Sehubungan dengan beredarnya informasi mengenai adanya pembagian produk Sari Roti secara gratis oleh penjual roti keliling (hawker tricycle) pada Aksi Super Damai 212, dengan ini kami sampaikan bahwa:

PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. selaku produsen produk Sari Roti memberikan apresiasi sebesar-besarnya atas terlaksananya Aksi Super Damai 212 yang berjalan dengan lancar dan tertib pada tanggal 2 Desember 2016.


PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. senantiasa berkomitmen menjaga Nasionalisme, keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika dengan senantiasa berusaha untuk menjadi perusahaan kebanggaan Indonesia.


Dengan tidak mengurangi apresiasi kami atas Aksi Super Damai kemarin, dengan ini kami sampaikan bahwa PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. tidak terlibat dalam semua kegiatan politik. Kemunculan informasi mengenai pembagian produk Sari Roti secara gratis oleh penjual roti keliling (hawker tricycle), merupakan kejadian yang berada diluar kebijakan dan tanpa seijin PT Nippon Indosari Corpindo Tbk.


Sehubungan dengan hal tersebut diatas, dengan ini PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. menyampaikan bahwa:
Produk Sari Roti tersebut adalah produk yang dibeli oleh salah seorang Konsumen melalui salah satu Agen yang berlokasi di Jakarta.

Pihak Pembeli meminta agar produk tersebut dapat diantarkan ke area pintu masuk Monas dan dipasangkan tulisan “gratis” tanpa pengetahuan dan perijinan dari pihak PT Nippon Indosari Corpindo Tbk.
Demikian informasi ini kami sampaikan agar tidak terjadi kesalahpahaman diberbagai pihak. PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. berkomitmen untuk selalu menjaga Nasionalisme, keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika, serta tidak terlibat dalam semua aktivitas kegiatan politik.

Bagian terakhir pernyataan inilah yang menyinggung umat Islam. Seakan-akan umat Islam anti NKRI dan anti kebhinekaan. Kedua tuduhan tersebut memiliki tafsir yang mendalam, karena bisa dikonotasikan dengan keberadaban seperti yang sering digunakan sebagai hinaan bagi umat Islam.

0 komentar: