Sisi Positif Reklamasi Jakarta

Anggota DPRD Jakarta, Sanusi dan Pengusaha dari Podomoro, terjerat kasus gratifikasi. Gratifikasi tersebut terkait proyek reklamasi Teluk Jakarta. Untuk apa, gratifikasi tersebut, pemberi dan penerima pantas diselidiki. Tetapi terlepas dari kasus hukumnya, reklamasi sendiri menimbulkan pro kontra.

Reklamasi tersebut, akan memberikan nilai positif yakni :

  1. Dapat dijadikan dasar mengurai kemacetan di Jakarta. Kota Jakarta macet karena merupakan pusat aktivitas pemerintahan, budaya dan bisnis. Karena lahan yang terbatas, warga Jakarta kemudian membangunan perumahan di barat (Tangerang), selatan (Depok/Bogor) dan timur (Bekasi) Jakarta. Dengan adanya reklamasi, terbuka peluang bagi warga Jakarta sendiri untuk bermukim di utara, sehingga dapat mengurangi arus masuk ke Jakarta. Selain itu, juga dapat memecah fokus transportasi. Reklamasi juga dapat digunakan sebagai tempat pindahan warga jika memerlukan pelebaran jalan.
  2. Dapat dijadikan dasar mengatasi banjir. Reklamasi dapat dijadikan tempat penampungan warga pinggiran sungai di Jakarta, sehingga pemerintah Jakarta ke depannya mudah untuk melakukan pelebaran dan pendalaman sungai, juga untuk menjadikan daerah aliran sungai Water Front City dan membangun jalan di kiri kanan sungai.
  3. Dapat dijadikan dasar penghijauan. Ekspansi warga Jakarta ke pegunungan di Bogor dapat dikurangi dengan memindahkan warga ke kawasan reklamasi dan selanjutnya, perbukitan di hulu Jakarta dapat dihijaukan kembali.
  4. Dapat dijadikan simbol negara. Pulau buatan dapat ditata membentuk simbol-simbol tertentu, seperti saat ini 17 pulau yang menggambarkan bagian dari burung garuda.
  5. Dapat dijadikan objek wisata baru. Keunikan pulau buatan memungkinkan untuk dijadikan tujuan wisata baru. Selat-selat yang dibentuk antara pulau buatan, dan pelebaran sungai-sungai di dalam Kota Jakarta memungkinkan Jakarta menjadi Venesia van Java.
  6. Dapat dijadikan dasar pembangunan jembatan Jawa Kalimantan. Reklamasi yang berkelanjutan mendekatkan jarak Jawa Kalimantan dari Jakarta. Ke depannya, tanpa membebani anggaran negara, rangkaian jembatan yang dibangun developer jika terarah dapat menghubungan Jawa Kalimantan.

0 komentar: