Tanggapan atas baju nazi Ahmad Dhani

Video klip Ahmad Dhani We Will Rock You dipermasalahkan oleh media Jerman Der Spiegel. Menurut Der Spiegel Video Politik Indonesia bikin Alis Terangkat karena simbol-simbol nazi. Media Israel, Times of Israel menulis Video Sok Nazi Indonesia bikin heboh. Apa tanggapan atas baju nazi ahmad dhani tersebut?

Tanggapan Fahri Hamzah

Wakil Sekjen Partai Keadilan Sejahtera, Fahri Hamzah menyatakan larangan memakai baju Nazi ala Ahmad Dhani justeru merupakan tindakan fasisme. Kata Fahri, Dhani pernah dinilai Yahudi dan sekarang dituding Nazi.

Tanggapan Mayjen Sudrajat

Mantan petinggi ABRI, Mayjen Sudrajat mengajak masyarakat melihatnya dari ranah seni, bukan dari ranah lain.

Tanggapan Farhat Abbas

Seteru Ahmad Dhani, Farhat Abbas menyatakan bahwa busana Ahmad Dhani tersebut adalah busana persahabatan Indonesia – Jerman. Gambaran Indonesia bisa lebih hebat dari barat.

Tanggapan Anggun Cipta Sasmi

Pemakaian seragam Heinrich Himmler yang digunakan Ahmad Dhani menyedihkan karena Heinrich adalah pembunuh jutaan Yahudi.

Tanggapan Bebi Romeo

Menurut suami artis Meisya Siregar, isu seragam Nazi Ahmad Dhani terlalu dibesar-besarkan. Yang mengangkat isu tersebut terlalu sensitif.

Tanggapan Ahmad Dhani

Ahmad Dhani sendiri menyebutkan bahwa pemakaian baju tersebut murni alasan fashion dan estetika saja. Orang yang aja yang usil mengaitkan dengan fasisme. Gara-gara pakaian menurut Dhani, ia pernah diisukan Yahudi dan sekarang Nazi.

Tanggapan Bambang D. Prasetyo

Dosen Komunikasi Politik dan Marketing Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya, Bambang D. Prasetyo menyatakan bahwa masyarakat yang menginterpretasikan simbol-simbol yang digunakan bos Republik Cinta Management Ahmad Dhani sebagai Nazi atau fasisme hanyalah kalangan yang memiliki akses informasi ke luar dan berorientasi ke barat, sementara masyarakat umum Indonesia justeru banyak yang tidak tahu apa itu fasisme dan nazi.

0 komentar: