Membantu dan politik uang

Apa sih pengertian politik uang? Tindakan Jusuf Kalla membantu Erlin Dewi yang terlilit hutang Rp. 5 juta diindikasikan Panwaslu SOlo sebagai politik uang. Apakah benar atau tidak?

Politik uang pada prinsipnya mengharapkan pemilih untuk memilih calon dengan iming-iming uang. Strategi ini biasanya dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

Dalam kasus kampanye JK-Win kita melihat bahwa pemberian uang tersebut dilakukan secara terang-terangan. Alasan yang mendasarinya adalah prinsip kemanusiaan.

Kalau JK-Win memang betul-betul berniat melakukan money politics, betapa bodohnya kalau hal itu dilakukan di depan orang ramai.

Namun demikian, terpulang kembali kepada panwaslu dan KPU, karena hingga sampai saat ini money politics masih sangat banyak terjadi di Indonesia. Kenyataannya, panwaslu tidak mampu memprosesnya.

Money politics biasanya dilakukan di subuh menjelang hari pemilihan. Ini yang biasa dinamakan serangan fajar. Itu terjadi, dan jarang diproses panwaslu. Sebaliknya, panwaslu mati-matian mengecap apa yang dilakukan JK sebagai money politic.

Apakah yang dilakukan JK money politics?

Tulisan ini bagian dari :
JK-Win

0 komentar: